RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 HUTARAJA TINGGI
KOMPETENSI KEAHLIAN : ADMINISTRASI
PERKANTORAN
MATA PELAJARAN : KEARSIPAN
KELAS/SEMESTER : XII/ 1
PERTEMUAN KE : 1
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR : Mengidentifikasi perbedaan dokumen dan dokumentasi
INDIKATOR :
1.
Mendeskripsikan
pengertian arsip
2.
Mengklasifikasikan
jenis-jenis arsip
3.
Mengklasifikasikan
nilai guna arsip
4.
Mendeskripsikan
fungsi arsip
NILAI KARAKTER:
1.
Disiplin
2. Tanggung jawab
3.
Rasa ingin
tahu
4.
Kreatif
5. Religius
6.
Mandiri
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah dilaksanakan pembelajaran, diharapkan siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian arsip
2. Mengindentifikasikan
fungsi arsip
3. Menggolongkan jenis-jenis arsip
4. Menguraikan nilai guna arsip
5. Menjelaskan fungsi arsip
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
A.
Pengertian
Arsip
Secara etimologi kata arsip berasal
dari :
a.
Bahasa
yunani yaitu :archium yang artinya peti untuk menyimpan sesuatu
b.
Bahasa
Latin yaitu : felum yang artinya tali atau benang
c.
Bahasa
Inggris : archieve yang artnya kumpulan warkat /informasi
d.
Bahasa
Jerman : archivalen yang artinya warkat
Dari pengertian tersebut disimpulkan arsip adalah setiap catatan yang
tertulis, tercetak, atau ketikan dalam bentuk
huruf, angka, atau gambar, yang mempunyai arti, atau tujuan tertentu
sebagai bahan komunikasi dan informasi yang terekam pada kertas, kertas film,
media computer, dan lain-lain yang disimpan menurut suatu aturan sehingga
apabila diperlukan dapat ditemukan dengan mudah.
B.
Jenis-jenis
Arsip
1. jenis arsip berdasarkan bentuk
fisiknya
a.
arsip yang berbentuk lembaran
b.
arsip yang tidak berbentuk lembaran
2. jenis arberdasarkan masalahnya
a.
financial record
b.
inventory record
c.
personal record
d.
sales record
e.
production record
3. jenis arsip berdasarkan
pemiliknya
a.
lembaga pemerintahan
b.
instansi pemerintahan
4. jenis arsip berdasarkan sifatnya
a.
arsip tidak penting
b.
arsip biasa
c.
arsip penting
d.
arsip sangat penting
e.
arsip rahasia
5. jenis arsip berdasarkan
fungsinya
a.
arsip dinamis
b.
arsip statis
C.
Nilai guna
arsip
Menurut Vernon B. Santen, arsip
mempunyai nilai guna dengan singkatan ALFRED
A = Administrasi Value
L = Legal Value
F = Fiscal Value
R = Research Value
E = Education Value
D = Documentation Value
III.
MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
– CERAMAH-TANYA JAWAB-PEMBERIAN TUGAS
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
- Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk
menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik
melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
- Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
- Guru menerangkan semua materi yang
disajikan saat itu
- Penutup
IV.
PERANGKAT
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. rpp
2. whiteboard, spidol, penghapus, buku pegangan, laptop, in fokus
V.
SCENARIO PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
1.
Guru
memberikan salam kepada siswa
2.
Guru
mengajak siswa untuk berdoa
3.
Siswa
berdoa bersama dan memberikan salam kepada guru
4.
Guru
mengabsen siswa dan menanyakan alasan siswa yang tidak hadir
5.
Siswa
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
6.
APERSEPSI
DAN MOTIVASI
KEGIATAN INTI
EKSPLORASI
1.
Guru
menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
2.
Guru Menjelaskan
pengertian arsip dan syarat-syarat arsip
3.
Guru Membimbing
siswa untuk dapat mengindentifikasikan fungsi dan nilai guna arsip
4.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru
ELABORASI
1.
Guru Memberikan
kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada siswa lain melalui suatu
konsep maupun yang lainnya lain didepan kelas
2.
Siswa
menjelaskan kepada siswa yang lain seputar materi yang telah dijelaskan oleh
guru
3.
Guru Memberikan
pertanyaan kepada siswa seputar materi yang telah dijelaskan
4.
Siswa
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
KONFIRMASI
1.
Guru
membemberikan penegasan terhadap hasil wawancara yang diberikan oleh siswanya
KEGIATAN AKHIR
1.
Guru dan
siswa membuat kesimpulan secara keseluruhan
2.
Guru Memberikan
tugas kepada siswa
VI.
Sumber
Pelajaran
1.
Modul
Mengelola dan Menjaga system Kearsipan
Penyusun : Sri Endang R
Penerbit
: Erlangga
2. Referensi lain yang relevan
VII.
Penilaian
1. teknik penilaian : tes tertulis
2. Bentuk penilaian : essay test
3. Instrument penilaian : soal, kunci jawaban
Kisi-kisi soal
Pedoman Penilaian
Soal
|
Skor
|
1.Tuliskan dan Jelaskan mengapa system kearsipan dikatakan penting
peranannya ?
Deskripsi jawaban:
Karena dengan adanya system kearsipan, segala arsip terjamin keselamatannya, dan
mempermudah pekerjaan pencarian arsip yang diperlukan .
Jumlah skor
|
25
|
2.sebutkan pengertian arsip menurut UU no. 7
tahun 1971
Deskripsi jawaban :
Naskah-naskah yang dibuat dan diterima oleh
Lembaga Negara dan Badan-badan Pemerintah dalam bentuk corak apapun baik
dalam keadaan tunggal maupun berkelompok dalam rangka pelaksanaan kegiatan
pemerintah
Jumlah skor
|
25
|
3.suatu catatan dikatakan arsip apabila
memenuhi syarat-syarat yaitu :
Deskripsi jawaban :
1. mempunyai arti
2. mempunyai kegunaan
3. disimpan dengan teratur
Jumlah skor
|
25
|
4.sebutkan nilai guna arsip menurut Vernon
B.santen
Deskripsi jawaban :
A = ADMINISTRASI VALUE
L = LEGAL VALUE
F = FISCAL VALUE
R = RESEARCH VALUE
E = EDUCATION VALUE
D = DOCUMENTATION VALUE
jumlah skor
|
25
|
Pir
Trans
Sosa II, Juli 2015
Mengetahui Diketahui
Kepala Sekolah PKS. Kurikulum Guru Mata Pelajaran
SMKN1 HUTARAJA
TINGGI
Drs. Marmin, M Mpd Saripah Aini, S.Pd Benri Pakpahan, S.Pd
Nip.
196505101995121001 Nip. 197505112010012013 Nip.198507092014031002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 HUTARAJA TINGGI
KOMPETENSI KEAHLIAN : ADMINISTRASI
PERKANTORAN
MATA PELAJARAN : KEARSIPAN
KELAS/SEMESTER : X/ 1
PERTEMUAN KE : 2 & 3
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR : Mempresentasikan
pengertian Arsip dan Kearsipan
INDIKATOR:
1.
Mendeskripsikan
pengertian kearsipan
2.
Mengindentifikasikan
tujuan penyelenggaraan kearsipan
3.
Mendeskripsikan
pengertian peralatan kearsipan dan fungsi peralatan kearsipan
4.
Mengklasifikasikan
3 istilah penting dalam penyimpanan kearsipan
NILAI KARAKTER:
1.
Disiplin
2. Tanggung jawab
3.
Rasa ingin
tahu
4.
Kreatif
5. Religius
6.
Mandiri
7.
Gemar Membaca
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah dilaksanakan pembelajaran, diharapkan
siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian kearsipan
2. mengindentifikasi tujuan kearsipan
3. Mengenali peralatan kearsipan
3. Mengenali peralatan kearsipan
4. menjelaskan 3 istilah penting dalam
penyimpan kearsipan
5. Menjelaskan fungsi peralatan kearsipan
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
A.
Pengertian
kearsipan
kearsipan adalah suatu proses kegiatan mulai
dari penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pemeliharaan, dan penyimpana warkat
menurut system tertentu, sehingga saat diperlukan dapat ditemukan dengan mudah
dan cepat.
Tujuan penyelenggaraan kearsipan, antara lain sebagai berikut :
1.
agar arsip
terpelihara dengan baik, teratur dan aman.
2.
Agar mudah
mendapatkan kembali arsip yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat
3.
Untuk
menghindari pemborosan waktu dan tenaga dalam mencari arsip yang dibutuhkan
4.
Untuk
menghemat tempat penyimpanan
5.
Untuk
menjaga kerahasiaan arsip
6.
Untuk
menjaga kelestarian arsip
7.
Untuk
menyelamatkan arsip yang berisi informasi tentang pertanggungjawaban,
perencanaan, pelaksanaan, dan penyelengaraan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan
Tugas-tugas
kearsipan dilihat dari kegiatann yang dilakukan oleh petugas kearsipan maka ada
4 tugas pokok kearsipan, yaitu :
1.
Menyimpan
berkas surat dinas
2.
Pemeliharaan
dan pengendalian berkas surat dinas
3.
Penyusutan
dan pemusnahan berkas surat dinas yang sudah tidak diperlukan
4.
Penemuan
kembali berkas surat dinas yang disimpan
3 Istilah penting
dalam pengarsipan
1.
Pengarsipan Horizontal,
yaitu penempatan atau penyimpanan arsip/dokumen/map dilakukan secara mendatar
(horizontal).
2.
Pengarsipan Vertikal, yaitu
penempatan atau penyimpanan arsip/dokumen/map dilakukan secara tegak lurus
(vertikal) di mana arsip disusun berderet ke belakang.
3.
Pengarsipan Lateral, yaitu
penempatan atau penyimpanan arsip/dokumen/map dilakukan secara berdiri
(lateral) di mana arsip disusun menyamping.
III.
MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
CERAMAH – TANYA JAWAB – PICTURE TO PICTURE- PEMBERIAN
TUGAS
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
- Menyajikan materi sebagai pengantar
- Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
- Guru menunjuk/memanggil siswa secara
bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
- Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gambar tersebut
- Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
- Kesimpulan/rangkuman
IV.
PERANGKAT
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. rpp
2. whiteboard, spidol, penghapus, buku
pegangan, laptop, in focus
V.
SCENARIO
PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
1.
Guru
memberikan salam kepada siswa
2.
Guru
mengajak siswa untuk berdoa
3.
Siswa
berdoa bersama dan memberikan salam kepada guru
4.
Guru
mengabsen siswa dan menanyakan alasan siswa yang tidak hadir
5.
APERSEPSI
DAN MOTIVASI
KEGIATAN INTI
EKSPLORASI
1.
Guru Menjelaskan
pengertian kearsipan
2.
Guru Menunjukkan
beberapa gambar untuk Menjelaskan tujuan
penyelenggaraan kearsipan dan gambar untuk menjelaskan 3 istilah dalam
penyimpanan kearsipan
ELABORASI
1.
Siswa
mengalisis gambar yang ada
2.
Guru
menunjuk salah satu siswa untuk memilih gambar yang merupakan tujuan
penyelengaraan kearsipan, begitu bergantian
3.
Siswa
menunjuk salah satu gambar
4.
Guru
menanyakan alasan siswa memlilih gambar tersebut
5.
Siswa memberikan
alasan
KONFIRMASI
1.
Guru
membemberikan penegasan terhadap alasan yang diberikan oleh siswanya
2.
Siswa
mendengarkan penegasan guru
KEGIATAN AKHIR
1.
Guru dan
siswa membuat kesimpulan secara keseluruhan
2
Guru Memberikan
tugas kepada siswa
VI.
Sumber Pelajaran
1. Modul Mengelola
dan Menjaga system Kearsipan
2. Referensi lain yang relevan
VII.
Penilaian
1.
teknik penilaian : tes
tertulis
2.
Bentuk penilaian : essay
test
3.
Instrument penilaian : soal,
kunci jawaban
Kisi-kisi soal
Pedoman Penilaian
Soal
|
Skor
|
1.
sebutkan syarat-syarat untuk menjadi seoarang arsipas
Deskripsi jawaban :
1.tekun dalam melaksanakan
tugasnya
2. kreatif
3. memiliki keahlian dalam
bidang kearsipan
4. sopan santun
5.teliti
6.penuh kesabaran
7. mampu mengadakan hubungan
dengan semua pihak
Jumlah skor
|
20
|
2.
sebutkan pengertian kearsipan ?
Deskripsi jawaban :
Suatu proses kegiatan mulai
dari penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pemeliharaan, dan penyimpanan
warkat menurut system tertentu, sehingga saat diperlukan dapat ditemukan
dengan cepat dan mudah
Jumlah skor
|
20
|
3.
sebutkan tugas-tugas kearsipan !
Deskripsi jawaban
1.
Menyimpan berkas surat dinas
2.
Pemeliharaan dan pengendalian berkas surat dinas
3.
Penyusutan dan pemusnahan berkas surat dinas yang sudah tidak
diperlukan
4.
Penemuan kembali berkas surat dinas yang disimpan
Jumlah skor
|
20
|
4.
sebutkan perbedaan arsip dari kearsipan!
Deskripsi jawaban :
Arsip meupakan bendanya
Sedangkan
Kearsipan merupakan
kegiatannya
Jumlah skor
|
20
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar