Minggu, 13 Desember 2015

RPP KEARSIPAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                                   : SMK NEGERI 1 HUTARAJA TINGGI
KOMPETENSI KEAHLIAN                       : ADMINISTRASI PERKANTORAN
MATA PELAJARAN                                : KEARSIPAN
KELAS/SEMESTER                                : XII/ 1
PERTEMUAN KE                                   : 1
ALOKASI WAKTU                                 : 2 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR : Mengidentifikasi perbedaan dokumen dan dokumentasi
INDIKATOR :
1.    Mendeskripsikan pengertian arsip
2.    Mengklasifikasikan jenis-jenis arsip
3.    Mengklasifikasikan nilai guna arsip
4.    Mendeskripsikan fungsi arsip  
NILAI KARAKTER:
1.    Disiplin
2.    Tanggung jawab
3.    Rasa ingin tahu
4.    Kreatif
5.    Religius
6.    Mandiri

I.             TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah dilaksanakan pembelajaran, diharapkan siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian arsip
2. Mengindentifikasikan fungsi arsip
3. Menggolongkan jenis-jenis arsip
4. Menguraikan nilai guna arsip
5. Menjelaskan fungsi arsip


II.           MATERI PEMBELAJARAN

A.   Pengertian Arsip
Secara etimologi kata arsip berasal dari :
a.    Bahasa yunani yaitu :archium yang artinya peti untuk menyimpan sesuatu
b.    Bahasa Latin yaitu : felum yang artinya tali atau benang
c.    Bahasa Inggris : archieve yang artnya kumpulan warkat /informasi
d.    Bahasa Jerman : archivalen yang artinya warkat

Dari pengertian tersebut disimpulkan arsip adalah setiap catatan yang tertulis, tercetak, atau ketikan dalam bentuk
huruf, angka, atau gambar, yang mempunyai arti, atau tujuan tertentu sebagai bahan komunikasi dan informasi yang terekam pada kertas, kertas film, media computer, dan lain-lain yang disimpan menurut suatu aturan sehingga apabila diperlukan dapat ditemukan dengan mudah.

B.    Jenis-jenis Arsip
1. jenis arsip berdasarkan bentuk fisiknya
          a. arsip yang berbentuk lembaran
          b. arsip yang tidak berbentuk lembaran
2. jenis arberdasarkan masalahnya
          a. financial record
          b. inventory record
          c. personal record
          d. sales record
          e. production record
3. jenis arsip berdasarkan pemiliknya
          a. lembaga pemerintahan
          b. instansi pemerintahan
4. jenis arsip berdasarkan sifatnya
          a. arsip tidak penting
          b. arsip biasa
          c. arsip penting
          d. arsip sangat penting
          e. arsip rahasia
5. jenis arsip berdasarkan fungsinya
          a. arsip dinamis
          b. arsip statis
C.   Nilai guna arsip
Menurut Vernon B. Santen, arsip mempunyai nilai guna dengan singkatan ALFRED
A = Administrasi Value
L = Legal Value
F = Fiscal Value
R = Research Value
E = Education Value
                   D = Documentation Value

III.         MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING – CERAMAH-TANYA JAWAB-PEMBERIAN TUGAS


Langkah-langkah :
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
  3. Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
  4. Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
  5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
  6. Penutup


IV.         PERANGKAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. rpp
2. whiteboard, spidol, penghapus, buku pegangan, laptop, in fokus



V.           SCENARIO PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
1.    Guru memberikan salam kepada siswa
2.    Guru mengajak siswa untuk berdoa
3.    Siswa berdoa bersama dan memberikan salam kepada guru
4.    Guru mengabsen siswa dan menanyakan alasan siswa yang tidak hadir
5.    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
6.    APERSEPSI DAN MOTIVASI

KEGIATAN INTI
EKSPLORASI
1.    Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
2.    Guru Menjelaskan pengertian arsip dan syarat-syarat arsip
3.    Guru Membimbing siswa untuk dapat mengindentifikasikan fungsi dan nilai guna arsip
4.    Siswa mendengarkan penjelasan guru

ELABORASI
1.    Guru Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada siswa lain melalui suatu konsep maupun yang lainnya lain didepan kelas
2.    Siswa menjelaskan kepada siswa yang lain seputar materi yang telah dijelaskan oleh guru
3.    Guru Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar materi yang telah dijelaskan
4.    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
KONFIRMASI
1.    Guru membemberikan penegasan terhadap hasil wawancara yang diberikan oleh siswanya

KEGIATAN AKHIR
1.    Guru dan siswa membuat kesimpulan secara keseluruhan
2.    Guru Memberikan tugas kepada siswa

VI.         Sumber Pelajaran

1.    Modul Mengelola dan Menjaga system Kearsipan
Penyusun : Sri Endang R
Penerbit   : Erlangga
               2. Referensi lain yang relevan

VII.       Penilaian
1. teknik penilaian                 : tes tertulis
2. Bentuk penilaian                : essay test
3. Instrument penilaian          : soal, kunci jawaban


Kisi-kisi soal

Pedoman Penilaian

Soal
Skor
1.Tuliskan dan Jelaskan mengapa system kearsipan dikatakan penting peranannya ?
Deskripsi jawaban:
Karena dengan adanya system kearsipan, segala arsip terjamin keselamatannya, dan mempermudah pekerjaan pencarian arsip yang diperlukan .
                                                                                                                                         

Jumlah skor  







25




2.sebutkan pengertian arsip menurut UU no. 7 tahun 1971
Deskripsi jawaban :
Naskah-naskah yang dibuat dan diterima oleh Lembaga Negara dan Badan-badan Pemerintah dalam bentuk corak apapun baik dalam keadaan tunggal maupun berkelompok dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemerintah

                                                                                                                                        Jumlah skor









25
3.suatu catatan dikatakan arsip apabila memenuhi syarat-syarat yaitu :
Deskripsi jawaban :
1. mempunyai arti
2. mempunyai kegunaan
3. disimpan dengan teratur
                                                                                                                  Jumlah skor






25
4.sebutkan nilai guna arsip menurut Vernon B.santen
Deskripsi jawaban :
A = ADMINISTRASI VALUE
L = LEGAL VALUE
F = FISCAL VALUE
R = RESEARCH VALUE
E = EDUCATION VALUE
D = DOCUMENTATION VALUE                                                                                     
                                                                                                                  jumlah skor









25


                                  Pir Trans Sosa II,   Juli 2015
Mengetahui                                 Diketahui
Kepala Sekolah                            PKS. Kurikulum                  Guru Mata Pelajaran
SMKN1 HUTARAJA TINGGI                     



  Drs. Marmin, M Mpd                     Saripah Aini, S.Pd                Benri Pakpahan, S.Pd
Nip. 196505101995121001             Nip. 197505112010012013   Nip.198507092014031002




























                            

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                                   : SMK NEGERI 1 HUTARAJA TINGGI
KOMPETENSI KEAHLIAN                       : ADMINISTRASI PERKANTORAN
MATA PELAJARAN                                : KEARSIPAN
KELAS/SEMESTER                                : X/ 1
PERTEMUAN KE                                   : 2 & 3
ALOKASI WAKTU                                 : 2 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR : Mempresentasikan pengertian Arsip dan Kearsipan

INDIKATOR:
1.    Mendeskripsikan pengertian kearsipan
2.    Mengindentifikasikan tujuan      penyelenggaraan kearsipan
3.    Mendeskripsikan pengertian peralatan kearsipan dan fungsi peralatan kearsipan
4.    Mengklasifikasikan 3 istilah penting dalam penyimpanan kearsipan
                                                                  
NILAI KARAKTER:
1.    Disiplin
2.    Tanggung jawab
3.    Rasa ingin tahu
4.    Kreatif
5.    Religius
6.    Mandiri
7.    Gemar Membaca



I.             TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah dilaksanakan pembelajaran, diharapkan siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian kearsipan
2. mengindentifikasi tujuan kearsipan
3. Mengenali peralatan kearsipan
4. menjelaskan 3 istilah penting dalam penyimpan kearsipan
5. Menjelaskan fungsi peralatan kearsipan





II.           MATERI PEMBELAJARAN
A.   Pengertian kearsipan
kearsipan adalah suatu proses kegiatan mulai dari penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pemeliharaan, dan penyimpana warkat menurut system tertentu, sehingga saat diperlukan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.

Tujuan penyelenggaraan kearsipan, antara lain sebagai berikut :
1.    agar arsip terpelihara dengan baik, teratur dan aman.
2.    Agar mudah mendapatkan kembali arsip yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat
3.    Untuk menghindari pemborosan waktu dan tenaga dalam mencari arsip yang dibutuhkan
4.    Untuk menghemat tempat penyimpanan
5.    Untuk menjaga kerahasiaan arsip
6.    Untuk menjaga kelestarian arsip
7.    Untuk menyelamatkan arsip yang berisi informasi tentang pertanggungjawaban, perencanaan, pelaksanaan, dan penyelengaraan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan
Tugas-tugas kearsipan dilihat dari kegiatann yang dilakukan oleh petugas kearsipan maka ada 4 tugas pokok kearsipan, yaitu :
1.    Menyimpan berkas surat dinas
2.    Pemeliharaan dan pengendalian berkas surat dinas
3.    Penyusutan dan pemusnahan berkas surat dinas yang sudah tidak diperlukan
4.    Penemuan kembali berkas surat dinas yang disimpan

3 Istilah penting dalam pengarsipan

1.    Pengarsipan Horizontal, yaitu penempatan atau penyimpanan arsip/dokumen/map dilakukan secara mendatar (horizontal).
2.    Pengarsipan Vertikal, yaitu penempatan atau penyimpanan arsip/dokumen/map dilakukan secara tegak lurus (vertikal) di mana arsip disusun berderet ke belakang.
3.    Pengarsipan Lateral, yaitu penempatan atau penyimpanan arsip/dokumen/map dilakukan secara berdiri (lateral) di mana arsip disusun menyamping.

III.         MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
CERAMAH – TANYA JAWAB – PICTURE TO PICTURE- PEMBERIAN TUGAS
Langkah-langkah :
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Menyajikan materi sebagai pengantar
  3. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
  4. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
  5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
  6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  7. Kesimpulan/rangkuman


IV.         PERANGKAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. rpp
2. whiteboard, spidol, penghapus, buku pegangan, laptop, in focus


V.           SCENARIO PEMBELAJARAN

KEGIATAN AWAL
1.    Guru memberikan salam kepada siswa
2.    Guru mengajak siswa untuk berdoa
3.    Siswa berdoa bersama dan memberikan salam kepada guru
4.    Guru mengabsen siswa dan menanyakan alasan siswa yang tidak hadir
5.    APERSEPSI DAN MOTIVASI

KEGIATAN INTI
EKSPLORASI
1.    Guru Menjelaskan pengertian kearsipan
2.    Guru Menunjukkan beberapa gambar untuk  Menjelaskan tujuan penyelenggaraan kearsipan dan gambar untuk menjelaskan 3 istilah dalam penyimpanan kearsipan

ELABORASI
1.    Siswa mengalisis gambar yang ada
2.    Guru menunjuk salah satu siswa untuk memilih gambar yang merupakan tujuan penyelengaraan kearsipan, begitu bergantian
3.    Siswa menunjuk salah satu gambar
4.    Guru menanyakan alasan siswa memlilih gambar tersebut
5.    Siswa memberikan alasan

KONFIRMASI
1.    Guru membemberikan penegasan terhadap alasan yang diberikan oleh siswanya
2.    Siswa mendengarkan penegasan guru

KEGIATAN AKHIR
1.    Guru dan siswa membuat kesimpulan secara keseluruhan
2     Guru Memberikan tugas kepada siswa


VI.         Sumber Pelajaran

1. Modul Mengelola dan Menjaga system Kearsipan
               2. Referensi lain yang relevan

VII.       Penilaian
1. teknik penilaian                 : tes tertulis
2. Bentuk penilaian                : essay test
3. Instrument penilaian          : soal, kunci jawaban


Kisi-kisi soal

Pedoman Penilaian


Soal
Skor
1.    sebutkan syarat-syarat untuk menjadi seoarang arsipas
 Deskripsi jawaban :
1.tekun dalam melaksanakan tugasnya
2. kreatif
3. memiliki keahlian dalam bidang kearsipan
4. sopan santun
5.teliti
6.penuh kesabaran
7. mampu mengadakan hubungan dengan semua pihak

Jumlah skor










20

2.    sebutkan pengertian kearsipan ?
Deskripsi jawaban :
Suatu proses kegiatan mulai dari penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pemeliharaan, dan penyimpanan warkat menurut system tertentu, sehingga saat diperlukan dapat ditemukan dengan cepat dan mudah
Jumlah skor






20
3.    sebutkan tugas-tugas kearsipan !
Deskripsi jawaban
1.    Menyimpan berkas surat dinas
2.    Pemeliharaan dan pengendalian berkas surat dinas
3.    Penyusutan dan pemusnahan berkas surat dinas yang sudah tidak diperlukan
4.    Penemuan kembali berkas surat dinas yang disimpan

Jumlah skor








20
4.    sebutkan perbedaan arsip dari kearsipan!
Deskripsi jawaban :
Arsip meupakan bendanya
Sedangkan
Kearsipan merupakan kegiatannya

Jumlah skor






20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar