RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 HUTARAJA TINGGI
KOMPETENSI KEAHLIAN : ADMINISTRASI
PERKANTORAN
MATA PELAJARAN : KEARSIPAN
KELAS/SEMESTER : XII/ 1
PERTEMUAN KE : 1
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR : Mengidentifikasi perbedaan dokumen dan dokumentasi
INDIKATOR :
1.
Mendeskripsikan
pengertian arsip
2.
Mengklasifikasikan
jenis-jenis arsip
3.
Mengklasifikasikan
nilai guna arsip
4.
Mendeskripsikan
fungsi arsip
NILAI KARAKTER:
1.
Disiplin
2. Tanggung jawab
3.
Rasa ingin
tahu
4.
Kreatif
5. Religius
6.
Mandiri
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah dilaksanakan pembelajaran, diharapkan siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian arsip
2. Mengindentifikasikan
fungsi arsip
3. Menggolongkan jenis-jenis arsip
4. Menguraikan nilai guna arsip
5. Menjelaskan fungsi arsip
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
A.
Pengertian
Arsip
Secara etimologi kata arsip berasal
dari :
a.
Bahasa
yunani yaitu :archium yang artinya peti untuk menyimpan sesuatu
b.
Bahasa
Latin yaitu : felum yang artinya tali atau benang
c.
Bahasa
Inggris : archieve yang artnya kumpulan warkat /informasi
d.
Bahasa
Jerman : archivalen yang artinya warkat
Dari pengertian tersebut disimpulkan arsip adalah setiap catatan yang
tertulis, tercetak, atau ketikan dalam bentuk
huruf, angka, atau gambar, yang mempunyai arti, atau tujuan tertentu
sebagai bahan komunikasi dan informasi yang terekam pada kertas, kertas film,
media computer, dan lain-lain yang disimpan menurut suatu aturan sehingga
apabila diperlukan dapat ditemukan dengan mudah.
B.
Jenis-jenis
Arsip
1. jenis arsip berdasarkan bentuk
fisiknya
a.
arsip yang berbentuk lembaran
b.
arsip yang tidak berbentuk lembaran
2. jenis arberdasarkan masalahnya
a.
financial record
b.
inventory record
c.
personal record
d.
sales record
e.
production record
3. jenis arsip berdasarkan
pemiliknya
a.
lembaga pemerintahan
b.
instansi pemerintahan
4. jenis arsip berdasarkan sifatnya
a.
arsip tidak penting
b.
arsip biasa
c.
arsip penting
d.
arsip sangat penting
e.
arsip rahasia
5. jenis arsip berdasarkan
fungsinya
a.
arsip dinamis
b.
arsip statis
C.
Nilai guna
arsip
Menurut Vernon B. Santen, arsip
mempunyai nilai guna dengan singkatan ALFRED
A = Administrasi Value
L = Legal Value
F = Fiscal Value
R = Research Value
E = Education Value
D = Documentation Value
III.
MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
– CERAMAH-TANYA JAWAB-PEMBERIAN TUGAS
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
- Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk
menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik
melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
- Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
- Guru menerangkan semua materi yang
disajikan saat itu
- Penutup
IV.
PERANGKAT
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. rpp
2. whiteboard, spidol, penghapus, buku pegangan, laptop, in fokus
V.
SCENARIO PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
1.
Guru
memberikan salam kepada siswa
2.
Guru
mengajak siswa untuk berdoa
3.
Siswa
berdoa bersama dan memberikan salam kepada guru
4.
Guru
mengabsen siswa dan menanyakan alasan siswa yang tidak hadir
5.
Siswa
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
6.
APERSEPSI
DAN MOTIVASI
KEGIATAN INTI
EKSPLORASI
1.
Guru
menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
2.
Guru Menjelaskan
pengertian arsip dan syarat-syarat arsip
3.
Guru Membimbing
siswa untuk dapat mengindentifikasikan fungsi dan nilai guna arsip
4.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar