Minggu, 13 Desember 2015

RPP KEARSIPAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                                   : SMK NEGERI 1 HUTARAJA TINGGI
KOMPETENSI KEAHLIAN                       : ADMINISTRASI PERKANTORAN
MATA PELAJARAN                                : KEARSIPAN
KELAS/SEMESTER                                : XII/ 1
PERTEMUAN KE                                   : 1
ALOKASI WAKTU                                 : 2 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR : Mengidentifikasi perbedaan dokumen dan dokumentasi
INDIKATOR :
1.    Mendeskripsikan pengertian arsip
2.    Mengklasifikasikan jenis-jenis arsip
3.    Mengklasifikasikan nilai guna arsip
4.    Mendeskripsikan fungsi arsip  
NILAI KARAKTER:
1.    Disiplin
2.    Tanggung jawab
3.    Rasa ingin tahu
4.    Kreatif
5.    Religius
6.    Mandiri

I.             TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah dilaksanakan pembelajaran, diharapkan siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian arsip
2. Mengindentifikasikan fungsi arsip
3. Menggolongkan jenis-jenis arsip
4. Menguraikan nilai guna arsip
5. Menjelaskan fungsi arsip


II.           MATERI PEMBELAJARAN

A.   Pengertian Arsip
Secara etimologi kata arsip berasal dari :
a.    Bahasa yunani yaitu :archium yang artinya peti untuk menyimpan sesuatu
b.    Bahasa Latin yaitu : felum yang artinya tali atau benang
c.    Bahasa Inggris : archieve yang artnya kumpulan warkat /informasi
d.    Bahasa Jerman : archivalen yang artinya warkat

Dari pengertian tersebut disimpulkan arsip adalah setiap catatan yang tertulis, tercetak, atau ketikan dalam bentuk
huruf, angka, atau gambar, yang mempunyai arti, atau tujuan tertentu sebagai bahan komunikasi dan informasi yang terekam pada kertas, kertas film, media computer, dan lain-lain yang disimpan menurut suatu aturan sehingga apabila diperlukan dapat ditemukan dengan mudah.

B.    Jenis-jenis Arsip
1. jenis arsip berdasarkan bentuk fisiknya
          a. arsip yang berbentuk lembaran
          b. arsip yang tidak berbentuk lembaran
2. jenis arberdasarkan masalahnya
          a. financial record
          b. inventory record
          c. personal record
          d. sales record
          e. production record
3. jenis arsip berdasarkan pemiliknya
          a. lembaga pemerintahan
          b. instansi pemerintahan
4. jenis arsip berdasarkan sifatnya
          a. arsip tidak penting
          b. arsip biasa
          c. arsip penting
          d. arsip sangat penting
          e. arsip rahasia
5. jenis arsip berdasarkan fungsinya
          a. arsip dinamis
          b. arsip statis
C.   Nilai guna arsip
Menurut Vernon B. Santen, arsip mempunyai nilai guna dengan singkatan ALFRED
A = Administrasi Value
L = Legal Value
F = Fiscal Value
R = Research Value
E = Education Value
                   D = Documentation Value

III.         MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING – CERAMAH-TANYA JAWAB-PEMBERIAN TUGAS


Langkah-langkah :
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
  3. Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
  4. Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
  5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
  6. Penutup


IV.         PERANGKAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. rpp
2. whiteboard, spidol, penghapus, buku pegangan, laptop, in fokus



V.           SCENARIO PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
1.    Guru memberikan salam kepada siswa
2.    Guru mengajak siswa untuk berdoa
3.    Siswa berdoa bersama dan memberikan salam kepada guru
4.    Guru mengabsen siswa dan menanyakan alasan siswa yang tidak hadir
5.    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
6.    APERSEPSI DAN MOTIVASI

KEGIATAN INTI
EKSPLORASI
1.    Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
2.    Guru Menjelaskan pengertian arsip dan syarat-syarat arsip
3.    Guru Membimbing siswa untuk dapat mengindentifikasikan fungsi dan nilai guna arsip

4.    Siswa mendengarkan penjelasan guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar